Inilah Siswa/i SMK Terpilih Sebagai Paskibraka 2017


Nurul Hayat  |  19 Agustus 2017   |   Info  |  192

Sebanyak 68 orang calon Paskibraka 2017 terdiri dari 34 orang putra dan 34 putri berprestasi telah diseleksi di tingkat provinsi dari seluruh Indonesia. Menjadi bagian dari Paskibraka Nasional adalah salah satu prestasi dan kebanggaan yang diimpikan anak-anak muda seluruh Indonesia. Tidak sembarang pemuda dan pemudi Indonesia yang dapat terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dalam peringatan Hari Kemerdekaan Tanah Air. Ada pengalaman dan sensasi spesial tersendiri mendapat kesempatan sebagai anggota Paskibraka.

Anggota Paskibraka 2017 telah dikukuhkan oleh Presiden Republik Indonesia dan akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2017 di Istana Merdeka.

Profil 68 Paskibraka 2017 tentunya berasal dari latarbelakang yang berbeda-beda, dan inilah ke enam siswa/I SMK terpilih yang menjadi Paskibraka 2017.

1.    Andreas Gunawan (Siswa SMKN 1 Sinabang, Prop. D.I Aceh)

Saat ini, Andres sedang mengenyam pendidikan di SMK Negeri 1 Sinabang   kelas 11 jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Andres berasal dari keluarga   sederhana, Ibunya bekerja mengurus rumah tangga, sedangkan Ayahnya hanya wiraswasta dan tidak berpenghasilan tetap. Walaupun berasal dari keluarga sederhana, tidak menyurutkan dalam meraih prestasi. 

2.    Mia Talia (Siswa SMKN 1 Tangaran, Propinsi Kalimantan Barat)

Mia Talia siswa kelas X SMK 1 Tangaran, Sambas yang terpilih mewakili Kalimantan Barat Paskibraka nasional/Istimewa , Mia tinggal di daerah terpencil, tepatnya di pesisir pantai Dusun Pinang Merah, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat Tak ada listrik dan penerangan kala malam datang di kampungnya. Mia dan masyarakat sekitar hanya bergantung pada lampu tradisional. Kehidupan masyarakat di kampung Mia jauh dari kata mewah. Umumnya mereka bekerja sebagai nelayan dan bertani.

3.    Hasmarani (Siswa SMKN 1 Tarakan, Propinsi Kalimantan Utara)

Perempuan berusia 17 tahun asal Kalimantan Utara yang bersekolah di SMK Negeri 1 TarakanSulung dari empat bersaudara ini lahir pada 9 April 2000. Ia tak pernah menyangka bisa menjadi satu-satunya pelajar wanita yang terpilih menjadi anggota Paskibraka Nasional mewakili Kalimantan Utara untuk mengibarkan sang saka Merah Putih pada upacara peringatan HUT RI ke 72 di Istana Negara  pada 17 Agustus 2017.

4.    Muhammad Rasli (Siswa SMKN 1 Nunukan, Propinsi Kalimantan Utara).

Muhammad Rasli merupakan salah satu siswa terbaik yang dimiliki Kalimantan Utara, siswa SMKN 1 Nunukan ini berhasil menjadi perwakilan Kalimantan Utara untuk menjadi Pasukan pengibar bendera pusaka(Paskibraka) Republik Indonesia tahun 2017. Setelah menyisihkan ratusan peserta serta proses seleksi yang ketat akhirnya Muhammad Rasli terpilih.

5.    Putri Ranjani (Siswa SMKN 1 Kuala Tungkal, Propinsi Jambi)

Putri Ranjani (17), siswi kelas XI SMKN 1 Kualatungkal berhasil lolos seleksi untuk menjadi anggota Paskibraka Nasional. Ia berhasil menyisihkan siswa siswi lainnya dari kabupaten/kota se Provinsi Jambi yang mengikuti seleksi.

6.    I.K.A.T. Sidiman (Siswa SMKN Bali Mandara Buleleng, Propinsi Bali)

Aji Tegak Sidiman merupakam putra dari pasangan Wayan Koja dan Lus Asri dari Dusun Widarbasari, Desa Padangbulia, Kecamatan Sukasada, Buleleng. Keberhasilannya memang cukup membanggakan dunia pendidikan di Buleleng. Ia pun mengaku kaget dengan kepercayaan yang sudah diberikan ini. Ia tidak menyangka akan mengemban tugas ini mewakili Bali.


Berita Terbaru